iklan

Jumat, 13 Maret 2015

Hyperlink Pada Power Point 2007



Hyperlink Pada Power Point 2007

A.      Pengertian
Hyperlink adalah penghubung sebuah file presentasi atau media pembelajaran terhadap materi yang lain ketika file presentasi Anda sedang slide show dengan cara mengarahkan kursor ke tempat hyperlink tersebut. Pemanfaatan fasilitas hyperlink sangatlah penting, selain efisien juga sangat efektif dalam proses presentasi Anda.

B.       Media Hyperlink
Beberapa media yang dapat dijadikan sumber hyperlink, diantaranya:
1.    Teks
2.    Kotak teks
3.    Gambar

C.      Jenis Hyperlink
Hyperlink dalam aplikasi PowerPoint (2010/2007) terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu:
  1. Hyperlink antar FileHyperlink ini adalah jenis hyperlink (penghubung) antara file presentasi Anda dengan file yang lain dan tidak bergantung pada type file. Misalnya, file presentasi Anda dihubungkan dengan file dengan type doc/docx (dokumen word), PDF, xls atau xlsx (excel), ppt atau pptx (PowerPoint) dan lain-lain.
  1. Hyperlink dalam Satu FileHyperlink ini adalah jenis hyperlink (penghubung) antara file presentasi Anda dengan file yang lain dan tidak bergantung pada type file. Misalnya, file presentasi Anda dihubungkan dengan file dengan type doc/docx (dokumen word), PDF, xls atau xlsx (excel), ppt atau pptx (PowerPoint) dan lain-lain.

D.      Cara Menggunakan Hyperlink
Cara menggunakan hyperlink pada Ms PowerPoint 2017 yaitu:
1.    Buka dokumen baru Ms PowerPoint 2017
2.    Setting slide sesuai yang kamu inginkan. Silahkan anda coba menambahkan slide terlebih dahulu, caranya klik menu Home, lalu klik New Slide. Dan misalnya di sini saya akan membuat Quiz Matematika, saya membuat beberapa slide yaitu: slide pembuka, daftar slide, soal, 2 jawaban dan penutupan. Maka buatlah semenarik mungkin agar tidak terlalu menjenuhkan misalnya berikut beberapa tampilan yang saya buat di bawa, yaitu:

     
3. Jika sudah selesai baru anda gunakan hyperlink untuk menghidupkan quiz, caranya yaitu blok teks/klik gambar yang akan di gunakan hyperlink kemudian klik Tab Insert lalu pilih pada kotak dialog Link dan klik Hyperlink, dan bisa juga melalui  klik kanan, kemudian pilih Hyperlink. Selanjutnya akan muncul tampilan:



Untuk memilih link yang kita tuju, kita pilih pilihan yang kita ingin tentukan. Jika ingin menuju link dari slide ke slide maka pilih bookmark kemudian pilih slide yang kita inginkan untuk menjdi tujuan link atau kita juga bisa pilih Place in The document. Jika kita ingin menuju ke dokumen baru kita klik Create new document. Jika  kita ingin menuju ke Alamat email yang dituju maka kita pilih E-mail Address.
4.    Selanjutnya jika anda sudah selesai maka teks Hyperlink berubah warna jadi biru dan bergaris bawah
5.    Silahkan klik slide show untuk melihat hasil hyperlink Anda dan arahkan kursor ke teks yang anda beri pengaturan Hyperlink lalu klik teks tersebut, maka akan dimunculkan link yang anda tuju.

Semoga Bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar